Bacaan “Kemasan Produk”

Kemasan Produk

kemasan produk

Selama berabad-abad, fungsi sebuah kemasan hanya sebatas untuk melindungi barang atau mempermudah barang untuk dibawa. Seiring dengan perkembangan zaman, barulah terjadi penambahan nilai-nilai fungsional. Peranan kemasan dalam pemasaran mulai diakui sebagai satu kekuatan utama dalam persaingan pasar.

Menjelang abad pertengahan, bahan-bahan kemasan terbuat dari kulit, kain, kayu, batu, keramik, dan kaca. Pada zaman itu, kemasan masih terkesan seadanya dan lebih berfungsi untuk melindungi barang terhadap pengaruh cuaca atau proses alam lainnya. Selain itu, kemasan juga berfungsi sebagai wadah agar barang mudah dibawa selama perjalanan.

Baru pada tahun 1980-an, persaingan dalam dunia usaha semakin tajam. Kalangan produsen saling berlomba untuk merebut perhatian calon konsumen. Bentuk dan model kemasan dirasakan sangat penting peranannya dalam strategi pemasaran. Di sini, kemasan harus mampu menarik perhatian, menggambarkan keistimewaan produk, dan “membujuk” konsumen. Pada saat inilah kemasan mengambil alih tugas penjualan.

Fungsi Peranan Kemasan

Secara umum, fungsi kemasan adalah:

  1. Melindungi dan mengawetkan produk. Contohnya, melindungi dari sinar ultraviolet, panas, kelembaban udara, oksigen, benturan, serta kontaminasi dari kotoran, atau mikroba yang dapat merusak dan menurunkan mutu produk.
  2. Sebagai identitas produk. Dalam hal ini, kemasan dapat digunakan sebagai alat komunikasi dan pengirim informasi kepada konsumen melalui label yang terdapat pada bagian luar kemasan.
  3. Meningkatkan efisiensi. Antara lain: memudahkan penghitungan, memudahkan pengiriman, dan memudahkan penyimpanan.

Kemasan juga dapat berfungsi sebagai media komunikasi suatu citra tertentu. Contohnya, produk-produk makanan. Dari kemasannya, orang sudah dapat mengenali rasanya. Walaupun tidak ada pesan yang ditulis pada kemasan tersebut, ciri pada kemasannya mengomunikasikan suatu citra yang baik.

Dalam keberagaman ekonomi yang ada di sekitar kita, membuat kemasan yang menarik dan aman untuk konsumen merupakan tanggung jawab dari suatu wirausaha.

Baja Juga :  Budaya dan Sosial Masyarakat Indonesia

Sumber : http://staff.uny.ac.id (dengan perubahan)

Jawab pertanyaan berikut.

  • Apa fungsi kemasan pada mulanya?

Sebatas untuk melindungi barang atau mempermudah barang untuk dibawa

  • Sebutkan 3 fungsi utama dari kemasan.

Melindungi dan mengawetkan produk, sebagai identitas produk, dan meningkatkan efisiensi dalam penghitungan, pengiriman dan penyimpanan produk

  • Dalam keberagaman ekonomi yang ada di sekitar kita, membuat kemasan yang menarik dan aman untuk konsumen merupakan tanggung jawab dari suatu wirausaha. Apakah maksud dari pernyataan di atas?

Kemasan yang menarik dijadikan sebagai identitas dari produk itu sendiri. Selain itu kemasan merupakan suatu bentuk pelayanan kepada konsumen dimana keamanan produk dijaga sampai ke tangan konsumen. Ini akan menigkatkan kepercayaan konsumen terhadap suatu badan wirausaha dan akan berdampak pada perkembangan wirausaha

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: