Bacaan “Kerja Sama Bidang Sosial Budaya Negara-Negara ASEAN”

Sudin akan mengikuti lomba pidato. Bagaimana pidato yang dibaca Sudin dalam lomba itu?

Bacalah teks pidato Sudin berikut.

Ayo Membaca

”Selamat pagi Bapak, Ibu, dan teman-teman semua. Hari ini, kita akan saling berbagi cerita dan pengalaman tentang persatuan. Saya akan menyampaikan kisah saya mengenai persatuan, lalu saya akan belajar dari kisah teman-teman.”

“Menurut saya, persatuan itu sangat penting, karena dengan bersatu tugas-tugas yang harus kita kerjakan akan menjadi lebih mudah. Dengan adanya persatuan pula kita dapat belajar dari perbedaan-perbedaan yang ada.”

“Saya telah mengalami dan merasakan sendiri betapa bergunanya persatuan. Sekolah saya adalah sekolah yang murid maupun gurunya berasal dari daerah yang berbeda-beda. Beberapa teman saya adalah anak dari Indonesia Timur. Bahkan kepala sekolah saya, Pak Welly juga berasal dari sana. Kami tidak pernah membeda-bedakan suku, ras, budaya, dan lainnya. Kami selalu mendukung satu sama lain. Walaupun berasal dari Indonesia Timur, Pak Welly tidak hanya mementingkan murid-muridnya yang berasal dari timur. Pak Welly tidak ragu untuk juga mempercayai kemampuan murid-muridnya yang berasal dari tanah Jawa untuk maju. Saya juga belajar banyak dari budaya teman-teman saya yang sangat beragam.”

“Bagi sekolah di pelosok kabupaten, bukan hal yang mudah untuk mengirim saya ke sini, karena sekolah kami tidak memiliki cukup biaya. Kepala sekolah kami memiliki cara yang cerdik untuk mengumpulkan dana. Ia meminta bantuan kepada saya dan teman-teman untuk melelang pisang di halaman sekolah. Para pembelinya merupakan pejabat-pejabat di daerah. Pak Bupati, Pak Camat, Pak Lurah, bahkan Ketua RW dan Ketua RT hadir mendukung. Meskipun hanya saya yang datang ke sini, namun di belakang saya semua ikut berpartisipasi. Itulah mengapa saya sudah merasakan bahwa persatuan sangat penting dan berguna.”

Baja Juga :  Gerakan Tangan Pada Senam Irama

“Itulah pengalaman saya tentang persatuan. Bagaimana cerita temanteman? Saya juga ingin mendengar dan belajar dari cerita kalian. Terima kasih.”

Ayo Menulis

Tulislah pendapatmu mengenai isi pidato Sudin. Kamu dapat menilai pidatonya dengan memberi tanda ceklis (√) pada kolom berikut yang sesuai.

NoKriteriaAdaTidak Ada
1Teks pidato memiliki bagian pembuka
2Teks pidato memiliki bagian inti
3Bagian inti teks pidato menjelaskan tentang topik yang dibahas dengan lengkap
4Bagian inti teks pidato memuat contoh-contoh yang mendukung topik
5Teks pidato memiliki bagian penutup
6Teks pidato memiliki kalimat ajakan
7Teks pidato memberi inspirasi bagi pembaca
8Sebagian besar kata yang digunakan dalam teks menggunakan kosa kata baku

Kesimpulan:

Sudin sudah melakukan pidato dengan baik, karena pidato yang disampaikan Sudin sudah memuat unsur-unsur penting pidato secara lengkap. Selain itu dalam pidatonya Sudin juga menggunakan kosa kata yang baku.

Dalam pidatonya, Sudin menceritakan pengalamannya tentang manfaat persatuan. Semangat persatuan juga harus kita jaga dalam bekerja sama dengan negara-negara lain, misalnya di Asia Tenggara. Ayo, pelajarilah peran Indonesia dalam kerja sama di bidang sosial budaya.

Kerja Sama Bidang Sosial Budaya Negara-Negara ASEAN

Kerja sama dalam bidang budaya negara-negara ASEAN ditandai dengan pembentukan komunitas sosial budaya negara-negara ASEAN (ASEAN Social Cultural Community/ASCC).

Komunitas ini memiliki empat bagian utama sebagai berikut.

  1. Mengelola dampak-dampak sosial dari integrasi ekonomi.
  2. Membentuk masyarakat yang lebih peduli dan berbagi untuk mengatasi isu-isu kemiskinan, keadilan, dan pengembangan sumber daya manusia.
  3. Meningkatkan perlindungan lingkungan.
  4. Memperkuat dasar-dasar bagi ikatan sosial kawasan.
Baja Juga :  Jawaban Akibat Tidak Melaksanakan Tanggung Jawab

Kerja sama nyata dalam bidang sosial budaya negara-negara ASEAN antara lain sebagai berikut.

  1. Pertukaran kunjungan antarseniman ASEAN.
  2. Festival lagu dan lomba menyanyi negara-negara ASEAN.
  3. Kerja sama promosi pariwisata.
  4. Kerja sama budaya serumpun Melayu.
  5. Pertukaran berita dan penyiaran informasi mengenai ASEAN melalui televisi dan radio.
  6. Penyelenggaraan pesta olahraga SEA-Games setiap dua tahun sekali.
sea games filipina
sumber: https://www.suara.com/sport/2019/12/11/203631/upacara-penutupan-filipina-klaim-sukses-selenggarakan-sea-games-terbesar?page=all

Ayo Mencoba

Bersama kelompokmu, carilah informasi mengenai tahun dan tempat penyelenggaraan SEA-Games. Carilah informasi penyelenggaraan SEA-Games pertama dan lima penyelanggaraan terakhir. Catatlah dalam bentuk table sebagai berikut.

SEA-GamesTahunNegaraKota
I1959ThailandBangkok
XXV2009LaosViantiane
XXVI2011IndonesiaJakarta dan Palembang
XXVII2013MyanmarNaypidaw
XVIII2015SingaporeSingapore
XXIX2017MalaysiaKuala Lumpur
XXX2019FilipinaManila

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: