Bacaan “Pembangunan Sektor Pertanian di Asia Tenggara” Kelas 6 Tema 8

Diposting pada

guruku.net – Bacaan “Pembangunan Sektor Pertanian di Asia Tenggara” Kelas 6 Tema 8.
Hai sobat guruku , terutama sobat guru kelas 6, orang tua dan siswa-siswi kelas 6. Kali ini guruku akan membagikan materi tentang Bacaan “Pembangunan Sektor Pertanian di Asia Tenggara” . Materi ini terdapat pada buku siswa kelas 6 SD/MI Tema 8 Subtema 2 Halaman 77.

Pembangunan Sektor Pertanian di Asia Tenggara

Pertanian merupakan sektor yang sangat strategis untuk menumbuhkan
perekonomian negara, khususnya bagi negara-negara berkembang di kawasan Asia Tenggara. Tiga negara, yaitu Thailand, Vietnam, dan Kamboja, menjadi contoh dalam penelitian ini untuk melihat pembangunan sektor pertanian. Bagi ketiga negara tersebut, sektor pertanian adalah ‘kunci’ perekonomian mereka dari waktu ke waktu. Sektor pertanian mempunyai arti yang sangat penting bagi masyarakat dan sangat berarti untuk menopang perekonomian negara di Asia Tenggara. Raja Bhumibol Adulyadej dari Thailand mengibaratkan “agriculture is the human life” (RRI & DOA, 2004: 30), yang dapat diartikan bahwa kehidupan masyarakat sangat bergantung pada sektor pertanian.

Selain sebagai penyumbang perkembangan perekonomian, keuntungan lain yang didapatkan dari sektor pertanian adalah penyerapan tenaga kerja yang tinggi, khususnya tenaga kerja di pedesaan. Di Thailand, misalnya, dari tahun 2001 sampai dengan 2006, sektor pertanian menyerap 38% sampai dengan 39% dari seluruh total tenaga kerja (Encyclopedia of the Nations, 2001; Library of Congress, 2007). Sektor ini pun telah berjasa dalam menyerap tenaga kerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) ketika krisis ekonomi regional melanda Thailand pada tahun 1997-1998. Sementara itu, Kamboja Data World Bank (2005) menyebutkan bahwa sekitar 75%-85% penduduk bekerja pada sektor pertanian.

Sektor pertanian, terutama pertanian padi, merupakan sumber pendapatan
utama bagi mayoritas petani di Thailand, Vietnam, maupun Kamboja. Ketiga negara ini mempunyai kelebihan sumber daya alam, antara lain terdapatnya kawasan subur untuk budidaya tanaman padi, seperti di Delta Sungai Mekong. Sebagai penghasil beras yang utama, kawasan Delta Mekong ini seringkali disebut sebagai “rice bowl”. Produksi pertanian di negara negara yang termasuk dalam kawasan DAS Mekong menjadi andalan utama untuk mencukupi kebutuhan penduduknya, dan juga untuk ekspor. Saat ini, Thailand adalah produsen beras pertama terbesar di dunia, yang diikuti oleh Vietnam.

Baja Juga :  Petunjuk Pengisian Formulir Ujian Sekolah/ Madrasah

Walaupun Thailand, Vietnam, dan Kamboja dikenal sebagai negara-negara
pengekspor beras, tetapi fluktuasi produksi beras tetap saja mereka alami. Di Vietnam dan Kamboja sebagai contoh, produksi beras sempat menurun ke level terendah ketika kedua negara ini masing-masing mengalami perang saudara. Perang telah membuat rusaknya lahan pertanian dan infrastruktur penunjang, seperti saluran irigasi. Setelah perang berakhir, produksi beras perlahan pulih dan bangkit.

Kesimpulan bacaan Pembangunan Sektor Pertanian di Asia Tenggara

Pertanian menjadi sektor yang strategis untuk menumbuhkan perekonomian di wilayah asia tenggara seperti di negara Thailand, Vietnam, dan Kamboja. Sektor pertanian juga menyerap tenaga kerja yang tinggi, khususnya tenaga kerja di pedesaan. Saat ini, Thailand adalah produsen beras pertama terbesar di dunia, yang diikuti oleh Vietnam. Fluktuasi produksi beras tetap terjadi pada negara pengekspor beras terutama ketika terjadi perang saudara yang menyebabkan rusaknya lahan pertanian.

Lima pertanyaan dari bacaan “Pembangunan Sektor Pertanian di Asia Tenggara.”

  1. Negara manakah yang merupakan produsen beras terbesar di dunia?
  2. Apa keuntungan yang didapatkan suatu negara dari sektor pertanian?
  3. Negara mana saja yang mayoritas profesi penduduknya adalah petani dan sektor pertanian menjadi sumber pendapatan utama?
  4. Apa penyebab terjadinya fluktuasi produksi beras di negara Vietnam dan Kamboja?
  5. Sungai apakah yang berperan besar dalam sektor pertanian negara Vietnam, Kamboja, dan Thailand?

Demikian materi yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Penulis:UGF_KL6

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *