Bacaan “Perbedaan Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat”

Ibu Lina sudah sampai di rumah. Ibu Lina dibantu Lina mempersiapkan jamuan untuk warga masyarakat. Warga masyarakat mengadakan pertemuan guna membuat peraturan jam belajar masyarakat. Semua warga RT 01 bertanggung jawab atas ketenangan lingkungan setempat pada saat jam belajar masyarakat. Oleh karena itu, semua warga RT 01 berhak ikut serta menentukan jam belajar masyarakat. Keputusan bersama atas jam belajar masyarakat mengikat semua warga masyarakat RT 01 dan orang-orang yang berada di lingkungan setempat. Artinya, semua warga wajib mematuhi peraturan yang dibuat bersama.

rapat

Dalam uraian di atas terdapat kata hak, kewajiban, dan tanggung jawab. Apa perbedaan dari ketiga kata tersebut?

Ayo Membaca

Perbedaan Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat

Hak, kewajiban, dan tanggung jawab merupakan tiga hal yang berbeda satu sama lain, tetapi saling berkaitan erat dan tidak bisa dipisahkan. Bagaimana tidak? Hak dan kewajiban bersifat kodrati, yakni melekat bersama kelahiran manusia.Hak dan kewajiban tersebut harus dilaksanakan secara bertanggung jawab oleh pihak yang bersangkutan. Orang yang tidak melaksanakan hak dan kewajibannya dapat dikatakan sebagai orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi, ketiganya mempunyai hubungan yang erat. Bagaimanakah perbedaan antara hak, kewajiban, dan tanggung jawab? Silakan kamu pahami satu per satu dalam uraian berikut.

1. Hak sebagai Warga Masyarakat

Hak berarti sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang dan penggunaannya tergantung kepada orang yang bersangkutan. Jadi, hak warga masyarakat adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang yang berkedudukan sebagai warga masyarakat.

Baja Juga :  Jawaban dari Bacaan "Dampak Pelaksanaan Tanggung Jawab"

Bentuk hak warga masyarakat seperti berikut.

a. Mendapatkan perlindungan hukum.

b. Mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak.

c. Menikmati lingkungan bersih.

d. Hidup tenang dan damai.

e. Bebas memilih, memeluk, dan menjalankan agama.

f. Berpendapat dan berorganisasi.

g. Mengembangkan kebudayaan daerah.

2. Kewajiban sebagai Warga Masyarakat

Kewajiban berarti sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Jadi, kewajiban warga masyarakat adalah sesuatu yang harus dilakukan seseorang sebagai warga masyarakat dengan penuh rasa tanggung jawab.

Bentuk kewajiban warga masyarakat seperti berikut.

a. Mematuhi aturan atau norma yang berlaku dalam masyarakat.

b. Menjaga ketenangan dan ketertiban lingkungan masyarakat.

c. Mengikuti kegiatan yang ada di lingkungan RT, RW, atau Desa setempat, misalnya kegiatan kerja bakti, gotong royong, dan musyawarah warga masyarakat setempat.

d. Menghormati tetangga di lingkungan tempat tinggal.

e. Membantu tetangga yang terkena musibah.

f. Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.

3. Perbedaan antara Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat

Kamu telah memahami hak, kewajiban, dan tanggung jawab. Ketiganya mempunyai perbedaan seperti berikut. Hak warga masyarakat adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang yang berkedudukan sebagai warga masyarakat. Adapun kewajiban warga masyarakat adalah sesuatu yang harus dilakukan seseorang sebagai warga masyarakat dengan penuh rasa tanggung jawab. Sementara itu, tanggung jawab sebagai warga masyarakat adalah tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan seseorang dalam kedudukannya sebagai warga masyarakat. Jadi, hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara bertanggung jawab. Sebaliknya, tanggung jawab tecermin dari terlaksananya hak dan kewajiban dengan baik.

Ayo Menulis

Kamu sudah mengetahui tentang hak dan kewajiban, bahkan perbedaan di antara keduanya. Nah, tahukah kamu hak dan kewajibanmu terhadap kesehatan di lingkunganmu? Apakah kamu memiliki kewajiban menciptakan lingkungan sehat di sekitar tempat tinggalmu? Apa kewajibanmu itu? Apa hakmu terhadap lingkungan di sekitar tempat tinggalmu? Apakah ada pengaruh lingkungan sehat dengan cara mencegah penyakit pada organ peredaran darah? Tuliskan pendapatmu dalam kolom berikut!

Baja Juga :  Ciri-Ciri Tangga Nada mayor dan Tangga Nada Minor

Kewajiban terhadap lingkungan sehat antara lain:

  1. Membersihkan rumah dan lingkungan sekitar
  2. Menggunakan sumber daya alam secukupnya dan tidak berlebihan. Misalnya memakai kendaraan secara berlebihan akan meninmbulkan pencemaran udara yang tidak sehat bagi tubuh
  3. Menggunakan sumber daya alternatif untuk mengurangi polusi
  4. Melakukan reboisasi bagi hutan guntul yang dapat memperbaiki lapisan ozon yang mulai menipis akibat polusi
  5. Memanfaatkan lahan yang kosong dengan menanam tanaman hijau agar udara selalu segar

Hak terhadap lingkungan sehat antara lain:

  1. Menikmati lingkungan yang segar
  2. Memperoleh air dan udara yang bersih dan sehat
  3. Terbebas dari pencemaran lingkungan
  4. Memperoleh bahan makanan yang sehat untuk memenuhi kebutuhan hidup
  5. Dapat menikmati keindahan alam yang indah dan terjaga kebersihannya

Apakah ada pengaruh lingkungan sehat dengan cara mencegah penyakit pada organ peredaran darah?

Ya, ada. Apabila terpapar polusi udara akibat asap kendaraan kebanyakan orang akan mengalami gangguan pernafasan. Dampak dari polusi udara tersebut antara lain menurunnya oksigen dalam tubuh dan kerusakan saluran pernafasan seperti asma dan kanker paru-paru

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: