Benda dari Kaca, Karet, Logam

Benda terbuat dari berbagai bahan dasar. Ada benda yang terbuat dari kaca, karet, logam, kertas, kayu, plastik. Pada pembelajaran kelas III tema 1 sub tema 1 pembelajaran 5 ini kita akan belajar benda yang terbuat dari kaca , karet, dan logam.

Bahan untuk membuat benda tidak hanya berasal dari kayu, kertas, dan plastik. Perhatikan benda- benda yang ada di rumahmu. Benda yang kamu gunakan sehari-hari. Adakah benda yang bukan berasal dari kayu, kertas, atau plastik? Tuliskan bahan yang digunakan untuk membuat benda- benda tersebut. Sebutkan nama benda-benda yang dihasilkannya!
Bacalah informasi berikut ini!

Benda yang terbuat dari kaca

Ada benda-benda yang dibuat dari kaca. Benda tersebut, antara lain gelas, piring, mangkuk, kaca mata, akuarium, jendela, dan peralatan laboratorium. Kaca memiliki sifat kedap air dan tembus cahaya. Oleh karena itu, kaca digunakan untuk membuat benda yang tahan air.

Benda yang terbuat dari logam

Coba amati benda yang ada di rumahmu! Adakah benda yang dibuat dari logam? Benda-benda tersebut, antara lain panci, penggorengan, sendok sayur, sendok makan, kerangka mobil, dan pagar rumah. Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik.

Benda yang terbuat dari karet

Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet. Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung tangan.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

  1. Bagaimana sifat benda yang terbuat dai kaca?
  2. Mengapa peralatan rumah tangga banyak yang terbuat dari logam?
  3. Sebutkan benda-benda yang terbuat dari logam!
  4. Sebutkan sifat-sifat benda yang terbuat dari karet!
  5. Jelaskan yang dimaksud dengan karet bersifat elastis!

Kunci Jawaban Benda dari Kaca, Karet, Logam

  1. Sifat benda yang terbuat dari kaca adalah kedap air, tembus cahaya, dan mudah pecah.
  2. Peralatan rumah tangga banyak yang terbuat dari logam karena logam memiliki sifat yang kuat, dapat dibentuk, dan penghantar panas yang baik.
  3. Benda yang terbuat dari logam diantaranya: panci, penggorengan, sendok sayur, sendok makan, kerangka mobil, pagar rumah.
  4. Sifat benda yang terbuat dari karet adalah kuat, lentur, elastis, tidak tahan api, tidak tembus air.
  5. Karet bersifat elastis artinya karet dapat ditarik memanjang dan jika dilepaskan akan kembali ke bentuk semula.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: