Bentuk Kerja Sama Bidang Pendidikan di ASEAN

Bergotong royong menandakan bahwa kita saling membutuhkan dan bukan makhluk yang paling sempurna. Siapkah kamu menjadi pemimpin yang dapat menghargai sesama?

Ayo Membaca

“Bapak dan Ibu Guru serta seluruh karyawan SD Palapa yang saya hormati. Tidak terasa, sudah satu tahun saya menjalankan kepercayaan dari Bapak dan Ibu untuk memimpin koperasi karyawan kita. Sudah beberapa tahun kita bersama-sama merasakan manfaat organisasi kecil kita ini. Perlu kita ingat kembali, bahwa tujuan mendirikan koperasi bukan untuk mencari keuntungan. Koperasi karyawan kita dirikan untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Semua anggota memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati hasil atas berkembangnya usaha bersama ini.”

“Bapak dan Ibu, kekeluargaan dan kebersamaan adalah modal utama dalam koperasi ini. Peduli terhadap jalannya usaha koperasi menjadi kewajiban tiap anggota, bukan hanya tugas ketua atau pengurus. Semua memperoleh kesempatan untuk belajar. Secara mandiri kita menetapkan jenis usaha koperasi dan menjalankannya. Pengurus yang melaksanakan, anggota yang mengawasi dan memberi masukan.”

“Keuntungan pribadi tidak diutamakan. Justru melalui koperasi, kita mengasah kepedulian terhadap kebutuhan anggota lain. Sudah lima tahun berjalan, semua keputusan kita tetapkan bersama secara musyawarah. Begitupun dengan keuntungan koperasi di tahun ini. Apakah keuntungan tersebut akan dibagikan kepada anggota atau akan dimasukkan kembali sebagai penambah modal, akan kita diskusikan dalam rapat besar hari ini.”

“Bapak dan Ibu, rapat besar koperasi tidak hanya untuk anggota, namun terbuka untuk semua. Justru saya ingin semua keluarga besar SD Palapa menyaksikan proses musyawarah ini. Saya ingin semua menyaksikan, bahwa banyak hal yang dapat dipelajari melalui koperasi karyawan. Saya ingin semua merasakan bahwa kesejahteraan bersama dapat diwujudkan melalui kepedulian, kekeluargaan, serta kebersamaan.”

Baja Juga :  Bacaan Gelang Benang, Kreatif Mengisi Waktu Luang

“Bapak dan ibu, saya tentu berharap anggota koperasi terus bertambah. Semoga saja, suatu saat nanti keluarga besar SD Palapa lengkap ada di dalamnya. Tak perlu risau memperhitungkan keuntungan pribadi, tetapi, ayo kita berusaha mewujudkan kesejahteraan bersama melalui koperasi.”

Ternyata, bergotong royong pun dapat dilakukan saat belajar untuk menghasilkan yang terbaik. Saat kamu melakukannya, kamu sudah belajar untuk menjadi seorang pemimpin.

Ayo Berdiskusi

Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dengan teman sekelompokmu.

Dari teks pidato di atas, apa yang kamu ketahui tentang koperasi?

  • Modal utama dalam koperasi adalah kekeluargaan dan kebersamaan
  • Koperasi bertujuan meningktkan kesejahteraan bersama
  • Peduli terhadap jalannya usaha koperasi menjadi kewajiban tiap anggota
  • Semua anggota koperasi memiliki hak yang sama
  • Keputusan koperasi iambil dengan cara bermusyawarah

Nilai-nilai Pancasila apa sajakah yang diterapkan oleh para anggota koperasi?

Nilai-nilai Pancasila yang diterapkan oleh anggota koperasi adalah sila ke-2 ditunjukkan dengan adanya persamaan hak dan kewajiban dalam menjalankan usaha koperasi, sila ke-3 ditunjukkan dengan kepedulian terhadap jalannya usaha menjadi kewajiban tiap anggota yang akan memupuk persatuan dan kesatuan, sila ke-4 ditunjukkan dengan melakukan musyawarah dalam setiap pengambilan keputusan

Ayo Mengamati

Perhatikan gambar di bawah ini.

UI dan NTU

Kedua gambar itu merupakan bagian dari kampus perguruan tinggi ternama. Gambar kiri merupakan kampus Nanyang Technology University (NTU) di Singapura. Gambar kanan merupakan kampus Universitas Indonesia (UI) di Depok. Banyak mahasiswa NTU berasal dari Indonesia. Sebaliknya, banyak pula mahasiswa yang belajar di UI berasal dari luar negeri.

Ayo Mencoba

Coba, carilah informasi bentuk-bentuk kerja sama dalam bidang pendidikan di ASEAN. Carilah informasi dari buku-buku referensi di perpustakaan sekolahmu. Jika kamu mencari informasi dari internet, mintalah Bapak/Ibu guru mendampingimu.

Baja Juga :  Penerapan Nilai Keadilan dalam Kehidupan

Bentuk kerja sama dalam bidang pendidikan di ASEAN

  1. Pertemuan guru-guru dari Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Korea Selatan dalam acara ACT (Council of Teacher Convention) di Bali.
  2. Pemberian beasiswa pendidikan, misalnya Indonesia memberikan beasiswa pendidikan dokter, bahasa, dan seni kepada pelajar negara-negara anggota ASEAN.
  3. Beasiswa dari ASEAN untuk belajar di berbagai universitas di negara-negara ASEAN.
  4. Diadakannya olimpiade regional Asia Tenggara seperti Pertamina menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional.

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-5184690/ini-kerja-sama-negara-asean-di-bidang-pendidikan#google_vignette

Saat memimpin, terkadang kita banyak menemui perbedaan pendapat. Namun, perbedaan tersebut dapat diselesaikan melalui musyawarah. Bukankah musyawarah adalah bagian dari nilai-nilai kepemimpinan? Pemimpin yang bijak adalah pemimpin yang tidak merasa dirinya paling hebat.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: