Budaya dan Sosial Masyarakat Indonesia

Kerja sama dan mufakat merupakan warisan budaya masyarakat Indonesia. Warisan budaya inilah yang harus dipertahankan dan ditingkatkan.

gotong royong

Budaya dan sosial bangsa Indonesia perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Karena hal ini menjdai tanggung jawab warga masyarakat indonesia.

Budaya dan sosial diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Membiasakan musyawarah mufakat dalam mengambil keputusan bersama.
  2. Membiasakan tolong-menolong antarwarga masyarakat.
  3. Ikut serta dalam kegiatan kerja bakti atau gotong-royong dalam masyarakat.
  4. Menjaga interaksi yang baik antarwarga masyarakat.
  5. Membiasakan interaksi yang mengarah ke persatuan.
  6. Menghindari interaksi yang mengarah ke perpecahan.

Misalnya, lingkungan tempat tinggalmu sedang tidak aman. Mengapa? Karena terjadi pencurian di beberapa rumah warga. Apa yang harus dilakukan warga masyarakat di tempat tinggalmu? Siapakah yang bertanggung jawab atas keamanan di lingkungan tempat tinggalmu?

1. Hal yang seharusnya dilakukan warga masyarakat adalah

Meningkatkan keamanan lingkungn dengan mengadakan kegiatan ronda yang dilakukan oleh setiap warga secara bergiliran setiap malam. Kegiatan ronda dilakukan setiap warga karena keamanan lingkungan merupakan tanggung jawab setiap warga. Selain melaksanakan ronda warga juga dapat memasang CCTV yang dapat dijadikan barang bukti ketika terjadi pencurian

2. Petugas yang bertanggung jawab atas keamanan di lingkungan tempat tinggal adalah

NoPetugas yang bertanggung jawab atas keamanan lingkunganAlas an
1Petugas rondaUpaya mandiri masyarakat dalam meningkatkan keamanan dan juga ketertiban lingkungan
2SatpamSeseorang yang diberi kewajiban khusus untuk menjaga keamanan lingkungan
3PolisiDitugaskan langsung oleh Undang-undang untuk menegakkan hukum serta melayani kepentingan masyarakay secara umum. Polisi juga bertugas dalam mencegah kejahatan dan melindungi masyarakat

Siti dan teman-teman telah mengerjakan tugas kelompok. Kemudian, mereka bersepeda keliling kampung tempat tinggalnya. Mereka bermain dengan bersepeda sekaligus berolahraga. Karena berolahraga dapat menjaga kesehatan tubuh. Siti dan teman-temannya mempunyai hobi yang sama. Hobi mereka bersepeda. Tiba-tiba, ada seorang pengendara sepeda motor dan seoarang ibu yang membonceng meberhentikan Siti dan teman-temannya. Kedua orang itu berhenti di pinggir jalan.

Baja Juga :  Reklame - Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

Ternyata kedua orang itu mennayakan alamat rumah Pak RW. Bagaimana seharusnya sikap Siti dan teman-temannya? Karena Siti dan teman-temannya sebagai warga yang baik dan bertanggung jawab. Untuk memmahai hal ini, lakukkan kegiatan berikut.

Bagaimana sikapmu ketika ada seseorang yang menanyakan alamat rumah Pak RW di kampungmu?

Memberikan petunjuk kemana arah rumah Pak RW secara jelas dan terperinci dengan menyebutkan ciri-ciri rumahnya, tetapi jika orang tersebut kurang paham saya bersedia untuk mengantarnya menuju rumah Pak RT

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: