Contoh Interaksi Sosial dalam Masyarakat

Diposting pada
kerja bakti

Warga masyarakat di tempat tinggal Edo sedang kerja bakti. Mereka membuat jalan setapak untuk masuk ke gang perumahan setempat. Mereka juga bekerja bakti membersihkan lingkungan. Semua warga masyarakat ikut dalam kegiatan kerja bakti, termasuk Edo. Kerja bakti membersihkan lingkungan merupakan upaya menciptakan lingkungan sehat. Dengan lingkungan sehat, warganya pun hidup sehat. Semua warga harus mengikuti kerja bakti. Karena kerja bakti merupakan kewajiban sekaligus tanggung jawab setiap warga masyarakat. Sebagai warga masyarakat, kita juga berhak untuk hidup di lingkungan yang bersih dan sehat. Apakah yang dimaksud kewajiban, hak, dan tanggung jawab? Untuk memahami hal ini lakukan kegiatan berikut.

Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan seseorang dengan penuh rasa tanggung jawab

Hak adalah sesuatu yang dimiliki setiap orang secara mutlak yang sifatnya bebas namun terbatas

Tanggung jawab adalah sikap yang dimiliki seseorang untuk melakukan sesuatu yang menjadi kewajiban/tanggungannya secara sadar tanpa harus diperintah orang lain

Kerja bakti yang dilakukan sekelompok warga masyarakat merupakan bentuk interaksi manusia dengan lingkungan. Apa yang dimaksud dengan interaksi manusia dengan lingkungan? Apakah akibat dari interaksi manusia dengan lingkungan? Apakah interaksi sosial dapat menimbulkan persatuan dan juga perpecahan? Untuk memahami hal ini, perhatikan gambar berikut.

Ayo Mengamati

Perhatikan gambar berikut!

Manusia hidup dalam lingkungan tertentu. Lingkungan adalah ruang yang ditempati oleh makhluk hidup dan benda tidak hidup. Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungannya, baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Manusia tidak bisa hidup sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia pasti membutuhkan orang lain.

Baja Juga :  Kunci Jawaban Materi Upaya Untuk Mengisi Kemerdekaan Kelas 6 SD/MI

Secara kodratnya, setiap manusia akan berinteraksi. Intersaksi antar indivisi, individu dengan kelompok. Interaksi tersebut dinamakan interaksi sosial. Melalui gambar diatas kamu telah mengetahui contoh interaksi sosial. Untuk lebih memahami interaksi sosialm lakukan kegiatan berikut.

Ayo Menulis

Coba kamu cari contoh lain bentuk interaksi sosial. Kamu dapat mencari dari buku, internet, atau sumber lain.

  • Contoh interaksi antar individu

Seseorang yang menyapa orang lain dijalan ataupun tempat lain, seseorang yang membayar pajak kepada petugas, seseorang yang melakukan panggilan telephone pribadi

  • Contoh interaksi antara individu dan kelompok

Seorang guru yang mengajar di dalam kelas, seseorang yang memimpin suatu rapat, seorang ustadz yang melakukan ceramah di masjid

  • Contoh interaksi antar kelompok

Kerjasama antara TNI dan POLRI dalam mengatasi suatu kejahatan, kelompok pramuka bekerjasama dengan kelompok OSIS untuk mengadakan acara ulang tahun sekolah, kelompok mahasiswa pertanian berdiskusi dengan para petani untuk mempraktikkan cara mengembangkan hasil pertanian dengan kualitas yang baik

Interaksi Sosial

Interaksi sosial penting dilakukan oleh setiap individu. Mengapa demikian? Karena dengan melakukan interaksi sosial, individu dapat mencukupi semua kebutuhan hidupnya. Contoh, saat kamu makan nasi, tentu nasi yang di makan berasal dari beras. Beras berasal dari padi yang ditanam petani. Sebelum menjadi beras, padi digiling oleh orang lain. Bahkan, nasi yang di makan merupakan masakan orang lain. Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup, interaksi juga merupakan sarana untuk mencapai tujuan bersama.

Interaksi sosial tidak selamanya mengarah kepada kebersamaan atau persatuan. Oleh karena itu, interaksi sosial dibedakan menjadi dua (2) yaitu.

1. interaksi yang mengarah ke persatuan,

2. interaksi yang mengarah ke perpecahan.

Untuk memahami kedua interaksi tersebut, ayo lakukan kegiatan berikut.

Baja Juga :  Laporan Percobaan Sifat-Sifat Magnet

Carilah contoh interaksi sosial yang mengarah kepada persatuan dan perpecahan. Kamu dapat mencari informasi dari buku, internet, atau sumber lain.

Interaksi sosial yang mengarah kepada persatuan

Penggalangan dana untuk membantu korban bencana alam, musyawarah antar warga masyarakat, melakukan kegiatan gotong royong membersihkan desa,

Interaksi sosial yang mengarah kepada perpecahan

Perang antar suku, perselisihan antar warga masyarakat, tawuran antar pelajar

Masyarakat Indonesia yang hidup tersebar di berbagai wilayah Indonesia memiliki beragam karakteristik. Karakteristik antara satu wilayah dengan wilayah lainnya berbeda-beda. Perbedaan tersebut mencakup aspek seni, ekonomi, sosial, budaya, maupun politik. Oleh karena itu, setiap warga Negara Indonesia hendaknya menjaga interaksi yang baik. Interaksi yang baik, Perbedaan tersebut dapat mendukung pembangunan nasional.

Setiap warga negara hendaknya memahami bahwa perbedaan merupakan kodrat dari Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, kamu harus mengelola perbedaan tersebut menjadi suatu kekuatan. Ada tiga teori sosial budaya di Indonesia yang hingga kini berlaku di masyarakat yaitu musyawarah, paternalistik, dan gotong royong. Budaya ini apabila dikembangkan akan mendukung pembangunan nasional. Selain itu, musyawarah, paternalistik, dan gotong royong juga akan mendukung ketahanan aspek sosial budaya yang tangguh. Untuk menambah pengetahuan, lakukan kegiatan berikut.

Amatilah di lingkungan tempat tinggalmu. Identifikasi upaya warga masyarakat nya dalam meningkatkan pembangunan sosial budaya. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Upaya yang dilakukan warga masyarakat dalam meningkatkan pembangunan sosial budaya.

1. mengadakan musyawarah dalam menyelesaikan suatu masalah

2. menggalang dana untuk membantu warga yang terkena musibah

3. mencintai bahasa persatuan bangsa, bahasa Indonesia

4. mempelajari bahasa asing untuk meningkatkan taraf hidup dikemudian hari

5. mengapresiasi segala bentuk kebudayaan Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *