Contoh Pantun Nasehat dan Maknanya

Warga masyarakat Indonesia harus bertanggung jawab dalam meningkatkan pengalaman sosial budaya. Dengan demikian, setiap indivisu memiliki tanggung jawab yang sama. Tanggung jawab tersebut di antaranya menjaga kebersihan, ketertiban, dan keamanan lingkungan.

Di sini dapat disimpulkan bahwa kekuatan masyarakat terletak pada ikatan kerja sama. Pentingnya kerja sama dalam masyarakat dapat diungkapkan dengan sebuah pantun. Pantun berikut ini memudahkan untuk mengingatnya.

pantun nasehat

Masih banyak contoh pantun yang mengandung nasihat. Terutama tentang pentingnya kerja sama dan mufakat dalam masyarakat. Simaklah contoh pantun berikut.

Pantun di atas sangat bermakna. Maknanya adalah setiap manusia hendaknya menyisakan waktu untuk berkumpul bersama warga kampunya. Berkumpul untuk membicarakan masalah bersama hingga mencapai mufakat. Untuk lebih memahami pantun yang berisi nasihat, lakukan kegiatan berikut.

Ayo Menulis

Carilah contoh pantun yang mengandung nasihat. Jika tidak menemukan contohnya, maka buatlah sendiri. Lengkapi dengan maknanya atau artinya. Bacakan hasil pantunmu di depan kelas.

Pantun yang mengandung nasihat.

Bunga melati warnanya putih

Selalu indah dipandang mata

Marilah kita hidup bersih

Buanglah sampah pada tempatnya

Makna atau arti pantun

Ajakan untuk hidup bersih dengan cara membuang sampah pada tempatnya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: