Jawaban Akibat Tidak Melaksanakan Tanggung Jawab

Minggu pagi Siti membaca Surat Kabar di samping ayah. Siti dan ayahnya membaca surat kabar di teras rumah. Siti membaca berita terjadinya bencana banjir di sebuah desa salah satu wilayah Jawa Tengah. Siti merasa iba kepada korban banjir tersebut. Banjir pasti akan memengaruhi kesehatan masyarakat yang terkena. Siti bertanya kepada ayahnya tentang penyebab bencana banjir di daerah itu. Ayah pun menjelaskan kepada Siti tentang faktor penyebab terjadinya bencana banjir.

Perhatikan gambar berikut!

penyebab banjir

Berdasarkan gambar di atas, berikan pendapatmu tentang faktor penyebab terjadinya banjir! Tuliskan pada kolom berikut.

Faktor penyebab terjadinya banjir sebagai berikut.

  1. Curah hujan yang tinggi
  2. Tersumbatnya aliran sungai
  3. Adanya pemukiman liar di sekitar sungai
  4. Penebangan hutan sembarangan
  5. Membuang sampah sembarangan

Menjaga lingkungan masyarakat menjadi tanggung jawab segenap warga masyarakat. Banjir yang terjadi dalam lingkungan masyarakat, kebanyakan akibat kelalaian warga masyarakat setempat. Warga masyarakat tidak sadar dengan tanggung jawabnya menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan. Contohnya membuang sampah di sungai. Tindakan warga masyarakat membuang sampah di sungai, jelas akan mengakibatkan banjir di musim penghujan. Hal itu terjadi, karena sampah akan menyumbat aliran air sungai dan air akan meluap ke pemukiman penduduk. Dengan adanya banjir, otomatis kesehatan lingkungan dan masyarakat pun akan terganggu.

Itulah salah satu contoh akibat tidak adanya kesadaran warga masyarakat melaksanakan tanggung jawabnya. Banyak akibat lain yang bisa terjadi karena tidak adanya kesadaran warga masyarakat dalam melaksanakan tanggung jawabnya. Apa sajakah itu?

Ayo Berdiskusi

Banyak bentuk tanggung jawab warga masyarakat, misalnya menjaga kebersihan, keamanan, dan ketenangan lingkungan masyarakat. Bagaimanakah akibatnya jika tanggung jawab tersebut tidak dilaksanakan warga masyarakat?

Baja Juga :  Bacaan "Kerja Sama Bidang Sosial Budaya Negara-Negara ASEAN"

Akibat-akibat tidak dilaksanakan tanggung jawab sebagai warga masyarakat

  1. Akan dikucilkan oleh masyarakat
  2. Terjadi perpecahan antar warga
  3. Mendapat teguran dari warga atau pejabat yang berwenang
  4. Bila tidak bertanggung jawab terhadap lingkungan, akan menyebabkan bencana alam
  5. Lingkungan menjadi kumuh dan tidak sehat
  6. Lingkungan menjadi tidak aman karena tidak ada yang menjalankan tanggung jawab menjaga keamanan

Setiap warga masyarakat hendaknya memiliki kesadaran untuk melaksanakan tanggung jawab dalam lingkungannya. Pentingnya pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga masyarakat, dapat dituangkan dalam bentuk pantun seperti berikut.

Ayo Menulis

Cermati kembali pantun di atas. Tuliskan amanat yang terkandung dalam pantun tersebut. Tuliskan amanat pantun dan presentasikan di depan kelas!

Amanat pantun sebagai berikut.

  • Kita harus bertanggung jawab atas apa yang kita lakukan
  • Bertanggung jawab akan membuat hati tenang dan orang lain merasa senang

Nasihat tentang pentingnya melaksanakan tanggung jawab sebagai warga masyarakat selain dapat dituangkan melalui pantun juga dapat dituangkan melalui gambar di samping. Gambar di samping, menceritakan tentang pelaksanaan tanggung jawab warga masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan. Menjaga keamanan lingkungan, dapat dilaksanakan melalui kegiatan siskamling secara bergantian.

ronda

Satu pemikiran pada “Jawaban Akibat Tidak Melaksanakan Tanggung Jawab”

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: