Jawaban dari Bacaan “Manfaat Kesehatan bagi Manusia”

Minggu pagi Lani menyirami bunga. Lani menyirami bunga sambil bernyanyi. Lagu yang dinyanyikannya “Lihat Kebunku”. Lagu yang dinyanyikan Lani bertangga nada mayor. Oleh karena itu, Lani menyanyikannya dengan penuh semangat.

Masih ingatkah kamu dengan ciri-ciri tangga nada mayor dan minor? Ciri tangga nada mayor antara lain bersemangat dan riang gembira. Lagu “Lihat Kebunku” merupakan contoh lagu bertangga nada mayor. Coba sebutkan contoh judul lagu anak-anak lainnya yang bertangga nada mayor.

Ayo Menulis

Carilah contoh lagu anak-anak bertangga nada mayor! Kamu dapat mencari nya melalui internet.

  1. Aku anak gembala.
  2. Abang tukang bakso.
  3. Dua mata saya.
  4. Naik delman.
  5. Burung Kutilang.

Lagu bertangga nada mayor banyak ditemukan pada lagu anak-anak. Sebaliknya, lagu bertangga nada minor kebanyakan pada lagu anak muda. Terutama lagu-lagu yang menceritakan kesedihan hati. Hal ini dapat kamu Cirikan pada lagu yang kurang bersemangat dan sedih. Contoh lagu Syukur, Gugur Bunga, dan Tuhan.

Contoh lagu bertangga nada mayor dan minor adalah sebagai berikut.

  • Lagu bertangga nada mayor
bintang kecil
  • Lagu bertangga nada minor
syukur

Apakah kamu hobi menyanyi seperti Lani? Bersyukurlah jika kamu memiliki hobi menyanyi. Mengapa harus bersyukur? Hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of Gothenburg di Swedia menyatakan, bahwa bernyanyi sangat bagus untuk paru-paru dan kesehatan jantung. Kamu tentu tahu, betapa pentingnya jantung bagi peredaran darah pada tubuh manusia.

Jantung adalah salah satu organ penting dalam peredaran darah pada tubuh manusia. Jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Selain jantung, organ penting lainnya dalam peredaran darah pada tubuh manusia adalah paru-paru. Paru-paru berfungsi menyuplai oksigen yang akan dibawa darah ke seluruh tubuh. Jadi, dengan bernyanyi secara langsung kamu telahmelakukan upaya menjaga kesehatan organ peredaran darah pada tubuh, khususnya jantung dan paru-paru. Kesehatan organ peredaran darah sangat memengaruhi kesehatan tubuh kita. Jika organ peredaran darah terganggu, tubuh kita menjadi tidak sehat. Padahal kesehatan sangat penting bagi kita. Mengapa kesehatan itu penting bagi kita? Bacalah bacaan berikut.

Baja Juga :  Penyebab Gangguan pada Organ Peredaran Darah Manusia

Manfaat Kesehatan bagi Manusia

Kesehatan memang sangat bermanfaat. Kesehatan dapat membuat kita lebih menghargai hidup. Bagi kehidupan, kesehatan mempunyai manfaat, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Manfaat Kesehatan Secara Langsung

Ada berbagai manfaat kesehatan yang kita peroleh secara langsung. Di antaranya kita dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan semangat tanpa ada gangguan. Kita patut bersyukur karena telah diberikan hikmah dan nikmat kesehatan yang sangat berharga. Berikut adalah manfaat kesehatan yang secara langsung dapat kita nikmati.

  1. Mengurangi pengeluaran. Bayangkan jika kamu sedang sakit tentu akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk ke rumah sakit dan membeli obat.
  2. Menambah pemasukan. Jika tubuh dalam keadaan sehat alami tentu kita dapat bekerja secara baik dan segar bugar seperti biasa. Hal ini tentu akan menambah pemasukkan dibandingkan kita sedang sakit.
  3. Menghemat waktu. Mengapa salah satu manfaat kesehatan adalah untuk menghemat waktu? Hal ini dikarenakan banyaknya kegiatan dan tugas yang akan tertunda jika kita sedang sakit. Bayangkan berapa banyak tugas yang akan tertunda jika kita sakit dan berapa banyak tugas yang akan kita kerjakan jika kita dalam keadaan sehat.

Manfaat Kesehatan Secara Tidak Langsung

Manfaat kesehatan secara tidak langsung tidak kalah pentingnya dengan manfaat sehat secara langsung. Manfaat kesehatan secara tidak langsung di antaranya menjernihkan setiap pikiran, tindakan, dan mendorong kita untuk berbuat sesuatu yang positif. Selain itu, beberapa manfaat yang akan kita peroleh secara tidak langsung jika dalam kondisi sehat adalah sebagai berikut.

  1. Peluang untuk sukses. Sukses hanya dapat kita peroleh dengan dukungan kesehatan pada diri kita. Kegiatan harian kita tidak akan terganggu jika kita dalam keadaan sehat.
  2. Tabungan masa depan. Dengan sehat maka kita akan menabung untuk masa depan kita, tabungan ini dapat berupa kegiatan positif ataupun kegiatan amal yang kita lakukan sehari-hari.
  3. Kesempatan untuk berbagi. Kesehatan akan membuat kita lebih menghargai hidup. Oleh karena itu, kita akan diberi kesempatan lebih untuk berbagi antarsesama untuk berbuat pahala.
Baja Juga :  Jawaban dari Bacaan "Dampak Pelaksanaan Tanggung Jawab"

Disadur dari:http://manfaat.co.id/manfaat-kesehatan

Ayo Menulis

1. Informasi apakah yang kamu dapat dari bacaan di atas?

Jawaban: kesehatan mempunyai manfaat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Manfaat kesehatan secara langsung antara lain dapat mengurangi pengeluaran, menambah ppemasukan, dan menghemat waktu. Sedangkan manfaat kesehatan secara tidak langsung antara lain mmperbesar peluang menuju sukses, menjadi tabungan masa depgan, dan dapat memberikan kesempatan untuk berbagi

2. Mengapa kesehatan organ peredaran darah itu penting? Bagaimana upaya yang dapat dilakukan supaya organ peredaran darah tetap sehat?

Jawaban: Kesehatan organ peredaran darah itu penting karena organ peredaran darah memompa darah dimana di dalamnya mengandung nutrisi dan oksigen bagi sel-sel tubuh. Jika tubuh tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen maka segala proses di dalam tubuh tidak berfungsi baik.

Upaya yang dapat dilakukan supaya organ peredaran darah tetap sehat antara lain olahraga teratur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol dan narkoba. Selain itu megkonsumsi makanan sehat, bukan makanan penuh lemak dan cukupi kebutuhan air dalam tubuh. 

Upaya yang bisa dilakukan setiap individu dalam menjaga organ peredaran darah adalah berolahraga. Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan jantung, kamu perlu meluangkan waktu 30 menit setiap hari berolahraga. Kegiatan fisik yang dilakukan secara kontinu akan membuat aliran darah dalam tubuh kamu menjadi lancar. Olahraga juga akan membuat kamu terhindar dari kegemukan dan stres.

Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan jantung, kamu dapat mengikuti kegiatan olahraga beladiri pencak silat di sekolah seperti yang diikuti Beni. Dengan mengikuti pencak silat, aliran darah kamu akan lancar.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: