Jawaban dari Bacaan “Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia”

Siti, Dayu, dan teman-teman lainnya menjadi generasi penerus bangsa yang pandai, cerdas, dan mempunyai jiwa yang baik. Mereka selalu mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di sekolah dengan semangat. Jika saat berkegiatan ada sesuatu yang kurang jelas, Siti dan teman-teman selalu berani bertanya kepada guru. Ibu Guru pun selalu menjelaskan dengan senang hati saat ada pertanyaan dari Siti dan teman-teman.

Siti dan teman-temannya telah mendapatkan hak sebagai warga Negara Indonesia yaitu hak memperoleh pendidikan dan pengajaran. Siti dan teman-temannya menjadi generasi yang pandai dan cerdas. Itulah salah satu manfaat pemenuhan hak warga negara. Masih banyak manfaat pemenuhan hak warga negara Indonesia lainnya. Apa sajakah itu?

Ayo Membaca

Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia

Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban hendaknya dilakukan secara seimbang. Artinya dalam melaksanakan hak tidak lupa juga melaksanakan kewajiban sebagai warga negara. Bahkan kewajiban hendaknya dilakukan terlebih dahulu daripada hak. Banyak manfaat yang dapat dirasakan warga negara Indonesia atas terpenuhinya hak yang dimiliki.

Salah satu contoh manfaat yang diperoleh dari pemenuhan hak atas pendidikan dan pengajaran yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea empat.

Manfaat lain bisa dipahami berdasarkan pemenuhan hak warga negara. Contohnya manfaat atas pemenuhan hak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Pemenuhan hak ini sangat bermanfaat bagi peningkatan perekonomian warga negara Indonesia dan mengurangi jumlah pengangguran.

bengkel mobil

Adapun pemenuhan hak atas perlindungan hukum jelas akan bermanfaat bagi terwujudnya keamanan, keadilan, dan keteraturan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dengan demikian, akan tercipta kehidupan yang harmonis antarwarga Negara Indonesia dan antara warga negara dengan pemerintah.

Baja Juga :  Contoh-contoh Kegiatan Bermusyawarah

Untuk pemenuhan hak atas perolehan fasilitas pelayanan kesehatan sangat bermanfaat dalam menciptakan kesejahteraan umum. Masyarakat yang sehat dapat menjalankan segala kegiatan untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehingga tercipta keasejahteraan umum. Menciptakan kesejahteraan umum ini juga merupakan salah satu tujuan nasional Indonesia.

Ayo Berlatih

Di depan telah disajikan bacaan nonfiksi yang terdiri atas lima paragraf. Bacalah kembali dengan cermat teks nonfiksi di atas. Selanjutnya, kerjakan perintah berikut!

  1. Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf.
  2. Tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf.
  3. Tuliskan gagasan utama dari teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama setiap paragraf.
  4. Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.
ParagrafKalimat UtamaGagasan Utama Setiap ParagrafGagasan Utama Teks Nonfiksi
1Semua warga Negara memiliki hakHak warga negara Indonesia dilaksanakan secara seimbangManfaat pemaennuhan hak warga negara
2Salah satu contoh manfaat yang diperoleh dari pemenuhan hak atas pendidikan dan pengajaranmanfaat pemenuhan hak atas perolehan pendidikan dan pengajaran
3Manfaat atas pemenuhan hak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaanManfaat lain pemenuhan hak warga negara
4Manfaat pemenuhan hak atas perlindungan hukumManfaat lain pemenuhan hak warga Negara
5Manfaat pemenuhan hak atas perolehan fasilitas pelayanan kesehatanManfaat lain pemenuhan hak warga negara

Masih banyak manfaat atas terpenuhinya hak-hak warga negara Indonesia. Kamu bisa mengidentifikasinya melalui berbagai bentuk pemenuhan hakhak warga negara Indonesia. Pada dasarnya, pemenuhan hak-hak warga negara Indonesia berkaitan erat dengan upaya pemerintah dalam mencapai tujuan nasional. Oleh karena itu, lakukan hak-hakmu sebagai warga Negara secara seimbang. Dengan demikian, kamu telah ikut serta mewujudkan tujuan nasional.

Pemenuhan hak-hak warga negara Indonesia sebagai upaya pencapaian tujuan nasional juga menjadi cara ampuh untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Mengapa demikian?

Baja Juga :  Jawaban dari Bacaan "Hak sebagai Warga Negara Indonesia"

Ayo Membaca

Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Setiap warga negara Indonesia memiliki hak yang sama tanpa kecuali. Persamaan hak antarwarga negara ini dijunjung tinggi untuk menghindari berbagai kecemburuan sosial yang dapat memicu berbagai permasalahan di kemudian hari. Dengan dilaksanakannya hak-hak warga negara Indonesia secara seimbang diharapkan tidak terjadi perpecahan antarwarga Negara Indonesia sehingga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap terjaga.

Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan upaya mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia. Banyak cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia. Contohnya melestarikan budaya daerah sebagai akar budaya nasional, berkompetisi dalam meraih prestasi, menggunakan produk buatan dalam negeri, menghormati antarsesama, serta menaati peraturan yang berlaku.

Mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia tidak harus kamu lakukan dengan angkat senjata. Mempertahankan kemerdekaan dapat dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Tindakan yang dapat dilakukan yaitu dengan membiasakan tindakan-tindakan positif yang dapat mencegah terjadinya perpecahan antaranggota keluarga, antarteman, dan antarwarga masyarakat. Selain itu, tindakan berupa menghargai perbedaan yang ada dan jangan jadikan perbedaan sebagai alasan terjadi perpecahan.

Menjaga kemerdekaan Indonesia harga mati dan tidak bisa ditawar. Semua warga negara Indonesia berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara Indonesia. “Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh” merupakan slogan yang tepat untuk kita bersatu padu menjaga keutuhan dan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tuliskan cara lain untuk mempertahankan kemerdekaan:

  1. Menekankan sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari
  2. Mengembangkan dan melestarikan kebudayaan bangsa
  3. Giat belajar agar kelak bisa ikut memajukan bangsa
  4. Ikut serta dalam kegiatan bela negara
  5. Jika muncul konflik diselesaikan dengan musyawarah mufakat
  6. Memupuk dan menjaga persatuan lewat gotong royong, kerja bakti dan lain sebagainya
  7. Aktif melaporkan jika mengetahui adanya gerakan separatism
  8. Menjaga persatuan dan kesatuan di atas keberagaman

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: