Jawaban dari Bacaan “Pak Abdi”

Pemimpin yang baik akan memperhatikan kepentingan seluruh anggota yang dipimpinnya. Pemimpin yang baik juga akan selalu mengajak anggotanya berbuat baik.

Pak Abdi

public speaking

Pemimpin yang baik adalah orang yang mau terus belajar dari siapa saja. Sebagai ketua RT yang dicintai warganya, Ibu Erika banyak belajar dari Pak Abdi. Beliau seorang Lurah Kampung Palapa, yang letaknya bersebelahan dengan Kampung Sehat Melati.

Seperti banyak orang lainnya, Ibu Erika terinspirasi atas keberhasilan Pak Abdi menggalang warga untuk menjaga kehidupan beragama dan kerukunan beragama. Seperti yang dirasakan oleh Ibu Erika hari ini, ketika menghadiri undangan peringatan Hari Kemerdekaan di Kampung Palapa. Ibu Erika mendengarkan pidato Pak Abdi.

 “Warga Kampung Palapa. Sudah lebih dari enam puluh delapan tahun negara kita berdiri mandiri, merdeka dari penjajah. Setiap tahun kita berkumpul merayakannya, bukan tanpa tujuan. Aneka lomba dan kegiatan makan bersama adalah bentuk syukur kita atas kebebasan untuk hidup berkarya dan ungkapan terima kasih kita atas jasa para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan ini.”

“Wargaku tercinta, satu hal penting yang tak akan bosan saya sampaikan, adalah agar kita selalu menjaga perilaku kita sesuai tuntunan agama. Aneka kegiatan yang kita lakukan dalam memperingati kemerdekaan ini harus selalu kita dasari dengan rasa syukur kita atas anugerah Tuhan. Dengan izin Tuhan Yang Maha Esa, para pahlawan berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan negara kita.”

“Kini, marilah kita mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai kegiatan positif. Semua kegiatan, hendaklah kita niatkan sebagai ibadah kepada Tuhan. Dengan begitu semoga Tuhan meridhoi semua yang kita lakukan.”

“Selamat berpesta memperingati kemerdekaan bangsa, wargaku. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melindungi dan menuntun langkah kita. Semoga desa kita semakin maju. Semoga seluruh warga semakin makmur dan bahagia.”

Baja Juga :  Upaya untuk Mengisi Kemerdekaan

Hati Ibu Erika bergemuruh seiring tepuk tangan seluruh warga yang hadir. Sekali lagi, Pak Abdi memberinya inspirasi. Seorang pemimpin harus selalu mengajak warganya untuk selalu menerapkan nilai-nilai ketuhanan dalam kehidupan sehari-hari.

Ayo Berdiskusi

Kamu telah membaca teks “Pak Abdi”. Diskusikan jawaban pertanyaanpertanyaan berikut dengan kelompokmu.

  • Nilai-nilai kepemimpinan apakah yang dimiliki Pak Abdi?

Pak Abdi menerapkan nilai-nilai ketuhanan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Manfaat apa yang diperoleh penduduk dari program atau kegiatan Pak Abdi?

Penduduk hidup rukun, aman, dan damai

  • Apakah Pak Abdi sudah mengajak penduduknya mengamalkan nilai-nilai ketuhanan dalam kehidupan? Jelaskan!

Sudah, Pak Abdi mengajak warganya untuk menjaga perilaku sesuai dengan tuntunan agama

  • Apa yang dapat kamu teladani dari Pak Abdi?

Taat agama, bijaksana, dan memperhatikan kerukunan warganaya

Berdasarkan jawabanmu, buatlah tulisan tentang Pak Abdi tersebut. Kamu juga dapat menggambar sosoknya sesuai imajinasimu.

Pak Abdi merupakan pemimpin yang bijaksana dengan mengajak warganya untuk menjaga kehidupan beragama dan kerukunan beragama agar tidak timbul perpecahan. Pak Abdi merupakan sosok yang taat pada agamanya dan selalu mengingatkan warganya untuk selalu bersyukur terhadap apa yang telah kita dapatkan.

Pak Abdi menunjukkan penerapan nilai ketuhanan dalam masyarakat. Apa sajakah bentuk-bentuk penerapan nilai ketuhanan dalam kehidupan sehari-hari?

Berikut adalah nilai-nilai yang terkandung dalam sila kesatu Pancasila, yaitu “Ketuhanan yang Maha Esa”.

  1. Percaya dan takwa terhadap Tuhan yang Maha Esa.
  2. Mengembangkan sikap hormat-menghormati dan bekerja sama antarpemeluk agama dan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan yang Maha Esa.
  3. Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa.
  4. Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan yang Maha Esa.
  5. Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
  6. Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa kepada orang lain.
Baja Juga :  Petunjuk Pengisian Daftar Riwayat Hidup

Ayo Berdiskusi

  • Identifikasilah penerapan nilai-nilai ketuhanan itu dalam kehidupanmu sehari-hari.

Beribadah sesuai dengan ajaran agama masing—masing, taat kepada orang tua, membantu orang lain yang sedang dalam kesulitan

  • Tuliskan pendapatmu mengenai pelaksanaan kehidupan beragama di lingkungan sekitarmu.

pelaksanaan kehidupan beragama di lingkungan tempat tinggal saya sangat baik, kami saling menghargai den menghormati perbedaan keyakinan antar tetangga dan saling tolong-menolong ketika tetangga mengalami musibah

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: