Jawaban Pengertian Pantun

Siti, Dayu, Beni, Edo, Lani, dan Udin teman satu kelompok. Mereka sedang mengerjakan tugas kelompok. Tugas yang dikerjakan membuat berbagai macam pantun, Seperti pantun kanak-kanak, pantun muda, dan pantun tua. Mereka bekerja sama dengan baik. Tidak ada satu anggota pun yang tidak melaksanakan tanggung jawabnya.

Setiap anggota kelompok memiliki tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Identifikasilah bentuk tanggung jawab setiap anggota kelompokmu.

  • Tanggung jawab setiap anggota kelompok adalah sebagai berikut.
  • Berdiskusi untuk menentukan tugas masing-masing anggota
  • Mengerjakan tugas yang telah dibagi
  • Mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab
  • Saling membantu apabila ada anggota kelompok yang kesulitan
  • Tidak menyalahkan anggota kelompok yang melakukan kesalahan
  • Berdiskusi tentang hasil tugas masing-masing yang telah dikerjakan

Tugas kelompok telah diselesaikan dengan cepat oleh Siti dan teman-temannya. Lani, Beni, dan Udin ditunjuk untuk mewakili kelompoknya membacakan pantun yang telah dibuat. Lani bertugas membaca pantun kanak-kanak.

Pantun kanak-kanaknya sebagai berikut.

pantun

Beni bertugas membacakan pantun muda. Pantun mudanya sebagai berikut.

Udin membacakan pantun tua. Pantun tuanya sebagai berikut.

Pantun diatas adalah pantun kanak-kanak, pantun muda, dan pantun tua. Semuanya hasil kerja kelompok Siti. Semua pantun dibuat empat baris. Dua baris dalam setiap bait pantun di atas merupakan sampiran. Dua baris berikutnya merupakan isi pantun. Ingatkah kamu pengertian pantun kanak-kanak, pantun muda, dan pantun tua? untuk mengingatnya, kerjakan soal berikut.

Apakah pantun kanak-kanak, pantun muda, dan pantun tua?

Pantun kanak-kanak adalah pantun yang berisi tentang masa kanak-kanak yang menggambarkan makna suka cita maupun duka cita

Pantun muda adalah pantun yang berisikan tentang kehidupan masa muda. Pantun muda biasanya mengenai perkenalan, hubungan asmara, perasaan, sampai nasib kehidupan

Pantun tua adalah pantun yang berkaitan dengan nasehat orang tua, agama, dan adat

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: