Jawaban Wujud Tanggung Jawab Terhadap Tugas

Waktu belajar di kelas lima hampir satu semester. Meskipun baru di semester 1, Siti dan teman-teman berkumpul untuk berdiskusi membicarakan rencana pentas seni akhir semester 2. Siti dan teman-teman berkumpul di sebuah pendopo yang cukup besar, letaknya di tengah kota. Ternyata, pendapa itu bagian dari bangunan yang ada di sekitar sekolah seni. Di pendapa itu banyak orang berlatih tari. Mereka menggunakan properti tari dalam memperagakan gerak tarinya. Di pendapa itu pula Siti dan teman-temannya sering berlatih menari.

Ayo Mengamati

Amati gerak-gerak tari dengan mengenakan properti berikut! Amatilah juga pola lantai pada kedua gerak. Pola lantai apa yang terbentuk?

Siti dan teman-teman sepakat, pada acara pentas seni akan mementas tarian dengan properti. Lina dan Dayu yang akan menari dan ada tiga anak lain yang akan menyanyi untuk mengiringi tarian. Mereka akan bersamasama menyiapkan acara pentas tersebut. Setiap anak harus bertanggung jawab atas tugas yang mereka sepakati. Sebagai contoh, Siti, Lina, Dayu akan bertanggung jawab menyiapkan busana tari yang akan digunakan. Udin dan Edo bertanggung jawab atas kebersihan tempat untuk berlatih tari.

Ingatkah kamu arti tanggung jawab? Pernahkah kamu diberi tugas? Apakah kamu bertanggung jawab atas tugas yang diberikan kepadamu? Apa wujud tanggung jawabmu atas tugas itu? Coba tuliskan jawaban dari semua pertanyaan tersebut pada kolom berikut!

Ayo Menulis

Tanggung jawab adalah suatu sikap atau perilaku seseorang untuk melasanakan tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan

Nama kegiatan: memberishkan halaman rumah

Tugas untukmu: mencabuti rumput liar, menyapu halaman, menyiram tanaman, memberikan pupuk kepada tanaman

Wujud tanggung jawabmu terhadap tugas: saya membersihkan halaman dengan senang hati dan bersungguh-sungguh

Baja Juga :  Contoh Lagu Bernada Mayor dan Minor

Selain olahraga, menggerakkan badan dengan menari juga menyehatkan. Siti selalu bersyukur atas kesehatan tubuhnya. Siti, Dayu, dan teman-temannya akan membuat gerak tari menirukan kupu-kupu terbang. Mereka akan menggunakan properti berupa selendang dan membuat berbagai pola lantai. Hari itu juga, Siti dan teman-temannya membuat gerak tari dengan property selendang dan berbagai pola lantai. Berikut di antara gerak yang dibuat Siti dan teman-temannya.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: