Langkah-Langkah Membuat Cerita Bergambar

Udin gemar membaca. Udin memiliki banyak buku cerita rakyat. Ada cerita Lutung Kasarung, Bawang Merah dan Bawang Putih, Keong Mas, dan masih banyak lagi cerita rakyat lainnya. Udin jadi mengetahui beberapa cerita rakyat dari berbagai daerah.

Sore hari Edo bermain ke rumah Udin. Edo melihat banyak buku cerita di rumah Udin. Edo bermaksud meminjam satu buku cerita yang berjudul “Kancil dan Siput”. Udin pun meminjami buku ceritanya kepada Edo. Edo bergegas pulang setelah Udin meminjaminya buku. Tidak lupa Edo mengucapkan terima kasih dan berpamitan sebelum meninggalkan rumah Udin.

Sikap baik apakah yang perlu kamu teladani dari diri Udin? Sikap baik apa pula yang perlu kamu teladan dari diri Edo? Mengapa kamu harus meneladan, sikap baik dari Udin dan Edo? Tuliskan jawabanmu pada kolom berikut!

1. Sikap baik Udin yang perlu diteladan adalah Udin mau meminjmkan buku kepada Edo

2. Sikap baik Edo yang perlu diteladan adalah edo meminta izin kepada udin untuk meminjam buku, edo mengucapkan terima kasih dan berpamitan ketika akan pulang

3. Alasan meneladan sikap Udin dan Edo karena Udin dan Edo aling menghormatidan menjaga kerukunan

Ayo Mengamati

cergaam kancil dan siput

Berdasarkan cerita bergambar di atas, siapakah yang memiliki sikap sombong dan pongah? Bagaimanakah pendapatmu terhadap sikap tersebut?

Hasil simpulan

Yang memiliki sikap sombong dan pongah adalah kancil. Sikap kancil merupakan sikap yang memandang dirinya paling hebat dan memandang orang lain lebih rendah daripada dirinya. Sikap kancil tidak boleh ditiru karena sikap tersbut tidak baik. Akibat kesombongannya kancil berhasil dikalahkan oleh siput dengan kecerdikan siput.

Kamu telah membaca sebuah cerita bergambar atau disingkat cergam. Kamu tentu bisa juga membuat cerita bergambar seperti di atas. Apa sebenarnya cerita bergambar itu? Bagaimanakah cara membuat cerita bergambar?

Baja Juga :  Jawaban Cara Menghitung Volume Balok

Cergam merupakan kependekan dari cerita bergambar. Cergam mengandung pengertian perpaduan gambar dan teks yang berbaur menjadi satu kesatuan serta mengandung keindahan dan cerita yang bermakna. Itulah yang dimaksud dengan cerita bergambar. Apakah yang dimaksud dengan gambar bercerita? Ungkapkan pendapatmu mengenai gambar cerita. Tuliskan dalam kolom berikut.

Cerita bergambar adalah cerita yang memiliki rangkaian gambar yang satu dengan gambar yang lainnya (saling melengkapi) dan mengandung unsur cerita

Ada beberapa langkah yang harus kamu perhatikan dalam membuat gambar cerita.

Langkah-langkah membuat cerita bergambar:

1. Tentukan ide/gagasan/tema yang akan dibuat.

2. Tentukan karakter tokoh utamanya dan karakter dari tokoh pembantunya yang ada dalam cerita.

3. Buat alur cerita sederhana secara garis besar yang menggambarkan isi cerita, kemudian masing-masing bisa dikembangkan.

4. Mulai menggambar sesuai alur cerita yang telah dibuat.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: