Manfaat Memiliki Kemampuan Bela Diri

Masih ingatkah langkah-langkah yang harus kamu siapkan dalam membuat gambar cerita? Kamu bisa mengingat lagi melalui persiapan Udin dalam membuat gambar cerita berikut ini.

Langkah-langkah Membuat Cerita Bergambar

  1. Menentukan cerita yang akan digambar. Udin akan menggambar cerita Si Pitung.
  2. Udin mempelajari cerita Si Pitung.
  3. Udin mempelajari karakter tokoh dalam cerita. Misalnya, Si Pitung merupakan sosok pemuda yang pandai mengaji dan pandai silat. Dua teman si Pitung bernama Rais dan Jii memiliki karakter baik hati, penolong, murah hati, pemberani, dan berakhlak mulia. Ada juga karakter kompeni yaitu jahat, egois, keras kepala, dan pemarah.
  4. Udin mempelajari alur cerita sederhana tentang Si Pitung. Inilah alur cerita tentang Si Pitung.
  5. Si Pitung rajin mengaji dan silat.
  6. Si Pitung gemar berlatih silat bersama teman-temannya.
  7. Si Pitung gagah berani melawan kompeni demi membela rakyat, bangsa, dan negaranya.
  8. Selanjutnya, Udin mulai menggambar sesuai alur cerita yang telah dibuat.

Sebelum menggambar tentu saja Udin menyiapkan berbagai hal yang dibutuhkan seperti berikut.

  1. Alat dan bahan untuk membuat gambar cerita.
  2. Membuat sketsa gambar cerita berdasarkan tema atau cerita yang telah ditentukan.
  3. Menyempurnakan sketsa gambar cerita berdasarkan tema atau cerita yang telah ditentukan.

Inilah gambar cerita yang dibuat Udin.

cergam si pitung

Udin telah selesai membuat buku cerita tentang Si Pitung. Udin ingin memiliki kemampuan silat seperti Si Pitung. Silat merupakan salah satu bentuk seni beladiri. Selain untuk mengolah seni, Udin ingin dengan beladiri badannya menjadi sehat, semua organ tubuhnya kuat.

Paling tidak ada tiga manfaat memiliki kemampuan beladiri, yaitu sebagai berikut.

1. Manfaat Fisik

Beladiri sangat bermanfaat bagi fisikmu. Contohnya, terbentuk koordinasi otot-otot tubuh, terbentuk postur tubuh yang seimbang yang sangat penting untuk mengurangi risiko timbulnya penyakit, serta menciptakan stamina dan ketahanan tubuh. Terbentuknya koordinasi otot-otot tubuh yang sangat mendukung kelancaran proses peredaran darah pada tubuh. Mengapa demikian?

Baja Juga :  Jawaban dari Bacaan "Semut dan Belalang"

Pada dasarnya peredaran darah ke seluruh tubuh ditimbulkan oleh kontraksi gerakan otot jantung. Oleh karena itu, dikatakan bahwa jantung berfungsi sebagai alat pemompa darah. Sebagai alat pemompa darah, jantung tersusun atas bermacam jaringan dengan karakteristik yang disesuaikan fungsinya. Adapun jaringan penyusun jantung ialah jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot, dan jaringan saraf. Jaringan otot yang menyusun jantung ialah otot jantung. Otot ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan jenis otot lainnya, antara lain memiliki percabangan yang membuat banyak hubungan antar jaringan otot lainnya. Hal ini sangat cocok bagi jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Jadi, peran jantung sebagai pemompa darah sangat dipengaruhi oleh terbentuknya koordinasi otot-otot tubuh, terutama otot jantung. Untuk itu, kamu hendaknya pandai menjaga kesehatan organ peredaran darah seperti jantung. Caranya dengan berolahraga seperti ikut beladiri dan senam. Jika kamu tidak peduli terhadap kesehatan diri, maka dikhawatirkan akan timbul penyakit yang mengganggu organ peredaran darah tubuhmu. Banyak penyakit yang bisa menimbulkan gangguan pada organ peredaran darah, misalnya serangan jantung dan stroke.

Serangan jantung terjadi, saat rusaknya otot jantung akibat kurangnya pasokan darah karena penyumbatan dan terganggunya aliran darah secara mendadak. Serangan jantung, adalah puncak dari kerusakan yang berlangsung lama, yang menimbulkan kejutan emosional, kekacauan fisiologis, dan kelelahan mental. Serangan jantung, pertama kali digambarkan sebagai rasa sakit di bagian dada yang terjadi terus-menerus hingga setengah jam, kemudian menjalar ke tangan kiri dan rahang. Akibatnya, muncul perasaan takut yang begitu besar dan kesulitan bernapas.

Adapun stroke, adalah gangguan fungsi sistem saraf yang terjadi mendadak dan disebabkan oleh gangguan peredaran darah otak. Gangguan peredaran darah otak dapat berupa tersumbatnya pembuluh darah atau pecahnya pembuluh darah. Hal ini menyebabkan kekurangan pasokan oksigen ke otak.Gangguan fungsi otak ini yang menyebabkan gejala stroke.

Baja Juga :  Contoh-contoh Kegiatan Bermusyawarah

Ayo Berkreasi

Bedasarkan jenis-jenis penyakit yang mengganggu organ peredaran darah pada tubuh manusia, tentunya dapat kamu buat diagram alur jenis penyakit yang mengganggu organ peredaran darah seperti contoh berikut.

Nah, buatlah diagram alur terhadap penyakit lainnya yang dapat mengganggu organ peredaran darah tubuh manusia.

Hipotensi (Tekanan Darah Rendah)

Hipotensi adalah keadaan ketika tekanan darah di dalam arteri lebih rendah dibandingkan normal dan biasa disebut dengan tekanan darah rendah. Saat darah mengalir melalui arteri, darah memberikan tekanan pada dinding arteri, tekanan itulah yang dinilai sebagai ukuran kekuatan aliran darah atau disebut dengan tekanan darah.

hipotensi

Sklerosis

Sklerosis adalah penyakit yang diakibatkan oleh pengerasan atau penebalan pembuluh nadi. Pengerasan nadi menimbulkan gangguan kelancaran aliran darah.

sklerosis

Sumber: https://www.mikirbae.com/2018/09/diagram-alur-gangguan-organ-peredaran.html

2. Manfaat Emosional

Selain bermanfaat bagi fisikmu, beladiri, juga bermanfaat untuk mengendalikan emosimu. Dalam seni beladiri kamu akan diajarkan cara menghindari dan menghadapi lawan secara efektif dan efisien. Dengan kemapuan tersebut, kamu bisa membela diri dengan melumpuhkan penyerang sementara dan menghindari konflik berkepanjangan. Seni beladiri tidak mengajarkan kamu untuk menghabisi penyerang tanpa ampun.

3. Manfaat Sosial

Dalam seni beladiri kamu akan diajarkan bahwa saat dalam posisi lemah, kamu harus bisa membela diri, sedangkan saat dalam posisi kuat kamu harus bisa menjadi pelindung bagi yang lemah. Misalnya, kamu dapat membela diri dari bullying teman di sekolah. Dalam seni beladiri juga diajarkan sistem kerja sama tim dengan cara latihan bersama. Selain itu, beladiri mengajarkan sikap empati dan berbuat lembut. Misalnya, saat berlatih membanting maka kamu akan dilatih untuk menjaga agar teman berlatih tidak cedera. Dalam beberapa beladiri, konsep ini bahkan dibawa sampai saat berhadapan dengan lawan sesungguhnya. Tujuan beladiri bukan untuk mencederai lawan, melainkan hanya melumpuhkan serangannya dan menyadarkannya.

Baja Juga :  Unsur-Unsur dalam Karya Seni Tari

Selain itu, kamu juga diajari untuk memiliki rasa hormat, tidak hanya kepada guru dan teman seperguruan, tetapi juga kepada lawan. Menghormati teman, guru, dan orang lain termasuk lawan merupakan kewajiban setiap orang. Saling menghormati merupakan sikap terpuji yang harus selalu kamu biasakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti ditegaskan dalam pantun berikut.

Cermati pantun di atas! Apa hikmah yang terkandung dalam pantun di atas? Berdasarkan amanat yang terkandung di dalamnya, termasuk jenis pantun apakah pantun di atas? Buatlah pantun seperti jenis pantun di atas.

Hikmah pantun diatas adalah sebgai anak yang baik kita harus menghormati guru dan orang tua

Pantun diatas merupakan pantun nasihat

Contoh pantun nasihat

Biji kacang dimakan si Kucai

Tersedak ia saat memakannya

Kalau mau jadi anak yang pandai

Rajin belajar jawabannya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: