MengenaL Tangga Nada Mayor

Siti dan teman-teman sedang berkegiatan di sekolah. Mereka menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekolah. Apa kegiatan yang sedang mereka lakukan?

Ayo Mengamati

menanam pohon

Apa yang sedang dilakukan oleh Siti dan teman-teman?

Siti dan teman-temannya sedang menanam pohon

Bagaimana caramu menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekolah?

Cara menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekolah yaitu dengan tidak membuang sampah sembarangan, menjaga kebersihan kelas, tidak mencoret-coret dinding, meja, dan kursi

Setiap manusia hendaknya peduli dengan lingkungan. Peduli lingkungan dapat dilakukan di mana saja. Baik di lingkungan rumah, lingkungan sekitar rumah, maupun di lingkungan sekolah. Ingatkah kamu tentang lagu Aku Cinta Lingkungan? Lagu Aku Cinta Lingkungan menceritakan kepedulian terhadap lingkungan rumah. Apakah kamu sudah bisa menyanyikan lagiu tersebut sesuai intervalnya? Perhatikan penggalan lagu Aku Cinta Lingkungan berikut.

Ayo Mengamati

lagu "aku cinta lingkungan"

Tangga nada pada lagu di atas adalah tangga nada C. Nada C dinyanyikan sebagai do atau C adalah do. Interval lagu berkaitan dengan tangga nada. Tahukah kamu jarak nada pada C mayor? Bacalah bacaan berikut. Mari kita ingat kembali tangga nada mayor berikut.

Tangga nada mayor

Untuk memahami interval, kamu harus memahami tangga nada terutama berkaitan dengan pokok nada sebagai berikut.

  1. Deretan nada-nada (naik turun) dari setiap tangga nada. Sebagai contoh c – d – e – f – g – a – b – c – b – a – g – f – e – d – c.
  2. Jarak antara nada satu ke nada lainnya. Sebagai contoh jarak untuk tangga nada mayor c – d – e – f – g – a – b – c adalah: 1 1 ½ 1 1 1 ½
  3. Langkah dari nada satu dengan nada lainnya, misalnya dalam tangga nada C mayor nada c ke c langkah ke 1, c ke d langkah ke 2, dan c ke e langkah ketiga.
Baja Juga :  Jawaban Menghitung Volume Bangun Gabungan

Interval adalah sebuah jangka (langkah) dari nada ke nada lainnya. Jangka tersebut mempunyai nama tertentu yang disebut nama pangkat. Sebagai contoh jangka c’ ke d’ dalam tangga nada C mayor, d’ adalah langkah kedua. Langkah kedua mempunyai nada pangkat secondo.

Interval selalu dibatasi oleh dua nada. Nada pertama disebut nada pangkal, nada kedua disebut nada selang. Sebagai contoh jika dalam tangga nada C mayor, nada c’ kita tetapkan sebagai nada pangkal, diperoleh nama-nama interval sebagai berikut.

Urutan tangga nada C mayor c’ d’ e’ f’ g’ a’ b’ c’’

c’ ke c’ adalah langkah ke- 1 disebut prime.

c’ ke d’ adalah langkah ke-2 disebut secondo.

c’ ke e’ adalah langkah ke-3 disebut terts.

c’ ke f’ adalah langkah ke-4 disebut kuart.

c’ ke g’ adalah langkah ke-5 disebut kuin.

c’ ke a’ adalah langkah ke-6 disebut sekst.

c’ ke b’ adalah langkah ke-7 disebut septim.

c’ ke c’’adalah langkah ke-8 disebut oktaf.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: