Persiapan Menghadapi Masa Pubertas

Perubahan pada Masa Pubertas

Tahapan perkembangan dan pertumbuhan manusia umumnya terbagi menjadi: balita, kanak-kanak, remaja, dewasa, dan usia lanjut. Masa remaja merupakan peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Pada awal masa remaja, kita mengalami masa pubertas. Pada masa ini terjadi perubahan pada tubuh, baik yang terlihat maupun tidak.

Di dalam tubuh, hormon reproduksi mulai dihasilkan. Pada perempuan, hormon ini akan mengakibatkan sel telur matang. Pada laki-laki, hormone reproduksi akan mengakibatkan tubuh memproduksi sel sperma. Jika sel telur dan sel sperma bertemu, dapat terjadi pembuahan dan tumbuh menjadi bayi.

Pada umumnya, pada masa ini kesehatan reproduksi remaja akan memperlihatkan ciri-ciri pubertas. Pada perempuan, dia akan mengalami menstruasi setiap jangka waktu tertentu (umumnya setiap 28 hari sekali). Pada laki-laki, dia akan mengeluarkan sperma.

Ciri-ciri lain ditandai dengan perubahan tubuh yang terlihat. Pada perempuan, misalnya payudara akan tumbuh sebagai persiapan untuk memberikan ASI (air susu ibu) bagi bayinya kelak. Pada laki-laki, otot-otot tubuhnya berkembang lebih besar dan kuat, sehingga diharapkan laki-laki lebih kuat secara fisik untuk melindungi keluarganya.

Persiapan apa yang harus dilakukan untuk menghadapi masa pubertas?

  1. Rajin beribadah sesuai dengn agama masing-masing
  2. Mencari informasi mengenai masa pubertas dan pendidikan seksual kepada orang yang memahami masa pubertas dan pendidikan sekssual
  3. Menjaga kebersihan tubuh
  4. Menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat
  5. Memilih pergaulan yang baik
  6. Menekuni dan mengembangkan hobi
  7. Banyak membaca buku pengetahuan
  8. Selalu berpikir positif

Ayo Berkreasi

Bersama kelompokmu, buatlah karya berupa peta pikiran berisi persiapan menghadapi masa pubertas sesuai hasil diskusi kalian. Warnai dan hiasilah peta pikiran itu seindah dan semenarik mungkin.

Baja Juga :  Contoh Pantun Nasehat dan Maknanya
persiapan masa pubertas

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: