Perubahan Cuaca, Kelas 3 SD

Diposting pada

Guruku.net Perubahan Cuaca, Kelas 3 SD. Hai sobat guruku, khususnya buat sobat guru kelas 3 SD/MI maupun orang tua dan anak-anak kelas 3, kali ini kami akan share materi tentang Perubahan Cuaca. Materi ini terdapat pada buku siswa Siswa Kelas 3 SD Tema 5 Sub Tema 3 Pembelajaran 4 halaman 147- 149.

Ayo Membaca

Hari ini, Edo tidak dapat hadir ke sekolah. Edo sakit flu dan demam. Kemarin saat pulang sekolah, Edo kehujanan. Edo lupa membawa payung ataupun jas hujan.

Saat berangkat, Edo melihat matahari bersinar. Itu tanda cuaca akan cerah. Untuk itu, Edo tidak menyiapkan payung ataupun jas hujan.

Ternyata, saat siang hari, langit berubah kelam. Pulang sekolah, hujan turun cukup deras. Perubahan cuaca membuat kondisi tubuh Edo berubah.

Pernahkah kamu mengalami hal seperti Edo?

Ayo Mengamati

Perubahan Cuaca

Cuaca saat ini memang mudah berubah. Hujan turun sepanjang hari. Saluran air tak mampu menampung air hujan. Manusia sering membuang sampah sembarangan. Saluran air tersumbat. Lingkungan pun menjadi banjir.

Saat musim kemarau, panas matahari terasa terik. Hujan tak turun hingga waktu yang lama. Kekeringan melanda wilayah suatu daerah.

Cuaca seperti ini dapat memengaruhi kondisi kesehatan manusia. Untuk itu, kita harus menjaga kondisi tubuh. Caranya dengan makan makanan yang bergizi. Kita pun harus berolahraga secara teratur. Jangan lupa beristirahat dengan cukup.

Temukan kata-kata yang berhubungan dengan perubahan cuaca. Jelaskan makna kata sesuai pemahamanmu!

Contoh :

Banjir, air yang banyak dan deras, kadang meluap.

Kalimat : Pada musim hujan, daerah itu sering dilanda banjir.

Baja Juga :  Jawaban Bacaan Waduk Jati Luhur, Kelas 3 SD

Kata-kata yang berhubungan dengan perubahan cuaca .

  1. Hujan,  titik-titik air yang berjatuhan dari udara karena proses pendinginan. Kalimat : Ketika hujan turun, aku sangat senang karena bisa bermain hujan-hujanan.

2. Matahari, benda angkasa, titik pusat tata surya berupa bola berisi gas yang mendatangkan terang dan panas pada bumi pada siang hari . Kalimat : Sinar matahari pagi sangat bermanfaat untuk kesehatan.

3. Terik, amat, sangat (tentang panas matahari). Kalimat : Terik matahari membakar tubuhnya.

4. Kemarau, kering. Kalimat : Musim kemarau berlangsung sangat lama.

5. Kekeringan, peristiwa alam berupa pe-nyimpangan iklim yang sifatnya sewaktu-waktu yang terjadi apabila curah hujan berada di bawah normal. Kalimat : Kekeringan mulai melanda berbagai daerah di Indonesia.

Demikian pembahasan materi kita kali ini tentang

Demikian pembahasan materi kita kali ini tentang Perubahan Cuaca, Kelas 3 SD , semoga bermanfaat.

, semoga bermanfaat.

 Penulis : DF_KL3

Editor : CAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *