Teks Bacaan “Sumbatan, Air, dan Banjir” Buku Siswa Kelas 6 SD/MI

Diposting pada

guruku.net – Teks bacaan “Sumbatan, Air, dan Banjir” buku siswa kelas 6 SD/MI. Hai sobat guruku , terutama sobat guru kelas 6, orang tua dan siswa-siswi kelas 6. Kali ini guruku akan membagikan materi tentang bacaan “Sumbatan, Air, dan Banjir”. Materi ini terdapat pada buku siswa kelas 6 SD/MI Tema 8 Subtema 1 Halaman 51.

Indonesia termasuk negara dengan curah hujan cukup tinggi. Pada musim
hujan, beberapa daerah mengalami bencana banjir. Bacalah artikel tentang
banjir di bawah ini!

Teks Bacaan "Sumbatan, Air, dan Banjir" Buku Siswa Kelas 6 SD/MI

Sumbatan, Air, dan Banjir

Di Jakarta, banjir sudah menjadi peristiwa biasa. Pertama kali banjir di Jakarta terdokumentasikan pada tahun 1699. Banjir sudah terjadi di Jakarta sejak zaman kolonial.

Ada hal penting terkait banjir yang harus kita ketahui, yakni sumbatan saluran air. Sumbatan terjadi ketika Jakarta mengalami banjir. Di kota ini, banjir tidak hanya berisi air, namun terdapat banyak sampah juga! Banyak orang yang menganggap air merupakan suatu elemen penyebab polusi. Sebenarnya, sampahnya yang menyebabkan air terkena polusi.

Ketika terdapat banyak sampah di sepanjang sungai, tidak ada ruang lagi bagi air untuk mengalir karena terhambat oleh sampah tersebut. Tak pelak lagi, air pun meluap dan terjadilah banjir. Air dan sampah bercampur dan mengalir di sepanjang jalan-jalan yang biasa kita lewati.

“Saya percaya bahwa kita bisa mengurangi risiko banjir jika Pemda Jakarta
melakukan berbagai proyek air yang dapat mengedukasi dan menginformasikan bagaimana cara untuk membuang sampah yang benar beserta sanksi tertentu apabila tidak mematuhi aturan,” tutur Candrian Attahiyat, seorang ahli arkeologi dan pelestari Kota Tua Jakarta.

Sumber : http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/11/sumbatan-air-dan-banjir

Analisislah informasi yang disajikan di artikel di atas. Identifikasilah kewajiban yang tidak ditunaikan oleh masyarakat. Jelaskan apa akibat dari kelalaian tersebut.

Baja Juga :  Persiapan Menghadapi Masa Pubertas

Sebagai anggota masyarakat, kita memiliki kewajiban untuk menjaga
kebersihan dan kesehatan lingkungan. Diskusikan kewajiban yang kamu miliki sebagai anggota masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di tempat tinggal kamu.

Ayo Berlatih

Ketika musim hujan tiba, lapangan sekolah menjadi becek dan berlumpur. Hal ini mengakibatkan sepatu siswa-siswi menjadi kotor. Untuk mejaga kebersihan dan kenyamanan, SD Pelita Hati membuat jadwal piket tambahan.

Mematuhi dan menjalankan jadwal piket dengan baik merupakan kewajiban setiap siswa SD Pelita Hati. Bantulah SD Pelita Hati dengan membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan oleh petugas piket dan siswa-siswa lainnya sebagai perwujudan kewajibannya dalam menjaga lingkungan sekolah.Sumbatan, Air, dan Banjir

Sumbatan, Air, dan Banjir
Sumbatan, Air, dan Banjir

Tuliskan kembali kewajibanmu dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat. Masukkan ke tabel berikut.
Tempelkan tabel tersebut di tempat yang mudah kamu baca dan jadikan
sebagai pengingatmu.

kewajibanmu dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat

Demikian materi yang dapat kami bagikan ( Sumbatan, Air, dan Banjir ) . Semoga bermanfaat.

Penulis: UGF_KL6

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *