Upaya Mempertahankan Kemerdekaan NKRI

Kamu telah mengetahui beberapa hak warga negara Indonesia. Hak-hak warga negara Indonesia tersebut ditetapkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pasal-pasal berapa sajakah yang mengatur tentang hak-hak warga negara Indonesia? Diskusikan bersama teman satu kelompokmu. Selanjutnya, tuliskan hasil diskusimu dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.

Tuliskan kesimpulan tentang pasal-pasal dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang hak-hak warga Negara Indonesia.

NoHak-Hak Warga Negara IndonesiaKetentuan dalam UUD 1945
1Mendapat perlindungan hukum PasalPasal 27 ayat (1)
2Mendapat pekerjaan dan penghidupan yang layakPasal 27 ayat (2)
3Ikut serta dalam upaya bela negaraPasal 27 ayat (3)
4Kemerdekaan berserikat dan berkumpul serta mengeluarkan pikiranPasal 28E ayat (3)
5Kemerdekaan memeluk agama dan beribadat menurut agama dan kepercayaan masing-masingPasal 28E ayat (1)
6Ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negaraPasal 30 ayat (1)
7Mendapat pendidikanPasal 31 ayat (1)
8Bebas memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya nasionalPasal 28C ayat (1)
9Memanfaatkan sumber daya alamPasal 33 ayat (3)
10Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negaraPasal 34 ayat (1)
11Memperoleh fasilitas pelayanan kesehatanPasal 28H ayat (1)

Tuliskan kesimpulan tentang pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang hak-hak warga Negara Indonesia berdasarkan hasil diskusi kelompokmu!

Kesismpulan: setiap warga Negara Indonesia memiliki hak yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Ibu-ibu PKK di tempat tinggal Siti sudah mahir membatik. Secara swadaya dan subsidi dari pemerintah desa, ibu-ibu PKK membuka usaha produksi kain batik. Akhirnya ibu-ibu PKK dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

Baja Juga :  Cara Menghitung Volume Tabung dan Kerucut

Dengan membuka usaha produksi batik, berarti ibu-ibu PKK di tempat tinggal Siti telah ikut serta melestarikan warisan budaya nenek moyang kita. Mengapa demikian? Batik adalah identitas budaya Indonesia. Bahkan sejak tahun 2009, UNESCO telah mengakui bahwa batik merupakan warisan budaya bangsa Indonesia. Batik memiliki beragam motif yang mencerminkan identitas dari tiap-tiap daerah. Oleh karena itu, batik menjadi salah satu akar budaya bangsa Indonesia yang wajib dilestarikan oleh setiap warga negara Indonesia.

Melestarikan budaya bangsa Indonesia termasuk upaya mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Negara Republik Indonesia (NKRI). Cara lainnya yang dapat dilakukan masyarakat untuk mempertahankan kemerdekaan NKRI, misalnya dengan sikap cinta tanah air, membina persatuan dan kesatuan, serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.

Sudahkah perilakumu mencerminkan sikap cinta tanah air, membina persatuan dan kesatuan, serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara sebagai upaya mempertahankan kemerdekaan NKRI? Bagaimanakah contoh perilaku tersebut?

Setiap warga negara Indonesia berhak dan wajib ikut serta dalam usaha mempertahankan kemerdekaan NKRI. Tuliskan perilaku-perilaku warga Negara Indonesia yang mencerminkan sikap cinta tanah air, membina persatuan dan kesatuan, serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara sebagai upaya mempertahankan kemerdekaan NKRI dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.

Upaya Mempertahankan Kemerdekaan NKRI

NoSikap Mempertahankan Kemerdekaan NKRIPerilaku yang Mencerminkan Sikap Mempertahankan Kemerdekaan NKRI
1Cinta tanah airMelestarikan budaya bangsaMenjaga kelestarian lingkunganMelakukan upacara bendera dengan penuh khidmatBangga berbahasa Indonesia dalam keseharianMemanfaatkan sumber daya sebaik mungkin
2Membina persatuan dan kesatuanMau mempelajari kesenian dari daerah lainBerteman dengan siapapun tanpa membeda-bedakanMengikuti kegiatan bakti sosial dan gotong royongMengembangkan sikap toleransi, yaitu menerima perbedaan, tidak    membeda-bedakan satu sama lain, tidak memandang orang berdasarkan ras, suku, agama, budaya, dan warna kulit.Saling menghargai dan menghormati antar sesama  
3Rela berkorbanBersedia menolong dengan tenaga dan pikiranMendahulukan kepentingan sosial dibandingkan kepentingan individuMembantu orang lain yang terkena musibahMengikuti kegiatan ronda untuk mejaga keamanan lingkungan dengan sukarelaMengambil/Memungut sampah yang berserakan di tempat umum

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: